Kumpulan Karya Seni Nusantara

Menyajikan Tata - Cara Pembuatan Karya seni se Indonesia , serta Penjelasan karya - karya seni se Indonesia

Karya Seni dan Kerajinan Khas Bali

Karya Seni dan Kerajinan Khas Bali 






Bali terkenal dan menjadi tujuan wisata dunia, banyak diantara mereka yang telah berkunjung ke Bali mengaku telah memimpikan sejak lama untuk bisa berkunjung ke Bali. Banyak juga wisatawan yang akhirnya menetap di Bali karena jatuh cinta dengan pesona keindahan, budaya, spiritual dan keramahan masyarakat Bali.

Wisata alam Bali sangat beragam, mulai dari laut, pantai, gunung, kuliner hingga seni budaya dan agama, hal ini menjadikan wisatawan betah berlama-lama di Bali. Keragaman wisata ini juga dibarengi dengan kemampuan masyarakat Bali untuk mengolah hasil alamnya menjadi karya seni yang bernilai tinggi.  Terbukti dengan banyaknya jenis kerajinan khas Bali yang telah diekspor ke luar negeri dan memberikan penghasilan yang pantas untuk masyarakatnya.

Ada banyak sekali ragam atau jenis-jenis kerajinan khas Bali dan mungkin tidak cukup atau luput dari tulisan ini. Diantaranya adalah: Ukiran, Patung, Topeng, Wayang, Lukisan, Lukisan Kamasan, Kain Tenun, Kain Songket, Kerajinan Perak, Kerajinan Batok Kelapa, Kerajinan Kerang, Keris dan masih banyak lagi.

1. Seni Ukir Bali
Masyarakat Bali dikenal sangat identik dengan seni, salah satunya adalah seni ukir. Seni ukir bisa ditemukan dalam setiap sudut kehidupan masyarakat Bali dari hal kecil hingga urusan keagamaan. Sebut saja misalnya di Pura yang adalah tempat persembahyangan masyarakat Bali. Di sini dengan mudah wisatawan dapat menemukan berbagai bentuk dan jenis serta fungsi dari setiap ukiran yang ada. Di rumah-rumah masyarakat pun pasti ditemukan ukiran-ukiran dari sederhana hingga yang kompleks.
Seni ukir pun tidak terbatas dalam satu media tetapi sangat beragam seperti, ukiran kayu, ukiran perak dan emas, ukiran bambu, ukiran batu, ukiran akar pohon, dan ukiran tulang. Semua jenis ukiran ini memiliki nilai tinggi dan telah terkenal hingga ke luar negeri.

2. Patung
Bali memiliki seni patung yang sangat indah dan dapat ditemukan dengan mudah menghiasi jalan-jalan besar di Bali. Salah satu patung terbesar dan terkenal adalah Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang telah menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Bali.
Seni patung di Bali tidak hanya yang besar seperti yang menghiasi jalan, souvenir patung Bali pun banyak dijumpai di pasar-pasar seni tradisional. Mereka juga telah menjadi barang seni ekspor bernilai seni tinggi.

3.  Topeng
Di Bali topeng identik dengan nilai spiritual dan dipentaskan dalam upacara agama. Diantara banyak topeng yang ada yang terkenal adalah Barong dan Rangda Bali sehingga topeng ini dijadikan gambar pada baju oleh-oleh khas Bali. Disamping untuk dipentaskan dalam upacara agama masyarakat Bali juga memproduksi topeng-topeng souvenir yang bisa dijadikan hiasan rumah.



4. Lukisan dan Lukisan Kamasan
Lukisan Bali memiliki pakem khas yang mudah dikenali sebagai lukisan dari Bali. Biasanya lukisan Bali mengambil tema pemandangan, burung, wanita menari, dan wayang. Lukisan khas Bali yang paling digemari dan sering muncul di film-film hollywood adalah Lukisan Kamasan. Lukisan ini bertema pewayangan dan memiliki alur cerita ynag diambil dari cerita pewayangan. Warna yang digunakan sederhana dan mencolok sehingga terkesan indah dan menegaskan cerita yang ingin ditampilkan.

5. Kain Tenun
Ada banyak sekali jenis kain tenun Bali, diantaranya: Kain Tenun Endek, Cepuk, Songket, Endek, kain lukis, dan rangrang. Semua jenis ini masih dibuat manual oleh masyarakat Bali dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Untuk menghasilkan satu kain tenun yang indah dan berkualitas terkadang membutuhkan waktu berhari-hari hinga bulanan sehingga wajar jika kain tenun Bali berharga mahal. Selain berkualitas kain tenun Bali juga menampilkan keindahan budaya Bali yang ditunjukkan oleh corak atau pola yang ada di kain tenun Bali. Kini kain tenun Bali telah banyak perancang busana membuat busana-busana yang indah dari kain ini.

6. Batik Bali
Tidak hanya Yogyakarta dan Pekalongan yang berbangga dengan batiknya, Bali juga memiliki batik yang tidak kalah bagus. Batik Bali biasanya mengambil motif bunga kamboja, bunga kembang sepatu, penari Bali, penari, ikan, singa bersayap dll. Selain motif tradisional kini juga banyak pengrajin batik Bali menambahkan motif-motif baru seperti menara eiffel , kangguru, dll.

7. Kerajinan Perak
Daerah yang paling terkenal dan menjadi pusat kerajinan perak Bali adalah Celuk, di sini dapat dijumpai banyak toko-toko yang menjual kerajinan perak bernilai seni tinggi. Rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke Celuk karena selain bisa membeli wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan perak di sana. Hampir semua penduduk Celuk bergerak di usaha perak entah sebagai pengrajin atau pengusaha perak. Anda bisa membeli beragam jenis kerajinan perak, seperti: anting, kalung, gelang. souvenir, ukiran, patung, dll.

8. Batok Kelapa
Kelapa adalah tumbuhan serbaguna dan masyarakat Bali mampu memanfaatkannya hingga ke batok kelapa yang biasanya hanya untuk kayu bakar atau arang kini menjadi barang seni yang bernilai dan telah diekspor ke luar negeri. Ada beragam jenis kerajinan yang dapat dihasilkan dari batok kelapa, seperti: mangkok, piring, sendok, keben, souvenir, asbak dll. Hasil kerajinan batok kelapa juga dapat dengan mudah ditemui di artshop-artshop di Bali.

9. Kerajinan Kerang
Selain hasil alam yang ada di darat masyarakat Bali yang terkenal memiliki darah seni ternyata juga dapat mengolah hasil laut seperti kerang sebagai sebuah barang yang bernilai seni. Kerajinan kerang Bali sangat digemari oleh wisatawan asing maupun lokal. Hampir semua jenis souvenir bisa dihasilkan dari kreativitas pengrajin kerang, seperti: gelang, kalung, anting, asbak, bingkai foto, bingkai kacamata, tirai dan masih banyak lagi jenisnya.

10. Keris
Bagi masyarakat Bali keris dianggap sebagai benda yang sakral, memiliki nilai magis dan menunjukkan posisi atau derajat dari orang yang memiliki keris tersebut. Beberapa orang ada yang melakukan upacara tertentu dalam merawat keris yang dimiliki. Terlepas dari semua anggapan itu, keris Bali juga banyak diminati wisatawan karena keindahannya dan bisa ditemui di toko-toko perhiasan perak.

Selain 10 jenis kerajinan khas Bali yang disebutkan di atas mungkin masih ada jenis yang lainnya dan silakan teman-teman pembaca tambahkan di kolom komentar sehingga kami bisa update postingan ini.

Semoga dapat menambah pengetahuan anda semua
Sampai Jumpa pada artikel selanjutnya..

==================================BYE==================================
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Karya Seni dan Kerajinan Khas Bali "

About The Author

Video

About Templatezy

LIKE US ON FACEBOOK