Kumpulan Karya Seni Nusantara

Menyajikan Tata - Cara Pembuatan Karya seni se Indonesia , serta Penjelasan karya - karya seni se Indonesia

Kerajinan Songkok atau Kopiah Resam khas bangka belitung

Kerajinan tangan khas bangka belitung 

 ini bisa jadi oleh oleh khas bangka yang dapat anda bawa pulang setelah mengunjung berwisata ke pulau bangka belitung. Sudah pantas ini dikatakan sebagai kerajinan bangka belitung yang unik dan menarik yang merupakan salah satu daya dari wisatawan. Sama halnya dengan daerah lain tentunya, yang memiliki kerajinan tangan khas daerahnya sendiri.

Inilah beberapa kerajinan tangan di bangka belitung yang dibuat oleh tangan tangan profesional, sehingga kualitasnya terjaga.

1. Songkok atau Kopiah Resam






Tanaman resam ini banyak sekali tumbuh di hutan bangka seperti terdapat di kebun-kebun, pinggiran jalan dan sebagainya. Resam sejenis paku pakuan tapi bukan paku tembok atau paku besi. Hidup di dataran rendah dan sedang. Jika anda belum mengetahui apa itu resam, silahkan tanya saja ke dukun sakti google.com dengan memasukan kata kunci, tak sampai 1 detik pertanyaan anda terjawab., tapi kesaktianya jangan dipake buat nyari togel. hoho...

Pembuatan kopiah resam cukup memakan waktu yang cukup lama, karena harus melewati beberapa proses pengerjaan mulai dari memilah resam yang berkualitas - proses pengerikan - proses penyanyaman, yang semua itu perlu ketekunan dan kesabaran luar biasa.Karena tanaman resam ini banyak berkeliaran dimana-mana, ide untuk membuat kopiah resam berawal dari situlah.

Pembuatan kopiah resam cukup memakan waktu yang cukup lama, karena harus melewati beberapa proses pengerjaan mulai dari memilah resam yang berkualitas - proses pengerikan - proses penyanyaman, yang semua itu perlu ketekunan dan kesabaran luar biasa.

Di pulau bangka, anda dapat menemukan pengerajin kopiah resam di desa pedindang (pangkalpinang), payung (bangka selatan) dan sangir (bangka tengah). Secara kualitas hasil kopiah resam dari desa sangir itu lebih baik kualitasnya, menurut cerita dari tetangga. Mungkin dilihat dari sisi anyaman, kualitas resam dan pengolahan, hal itulah yang membuatnya mahal.Jika anda bertanya soal harga, jangan kaget. Kopiah resam yang berkualitas dapat mencapai harga dikisaran 500ribu hingga 3juta rupiah, bentuk dapat disesuaikan dengan permintaan. Misalnya bentuk topi, topi pantai, topi model dan sebagainya. Dapai dilihat digambar.

Semoga Dapat Bermanfaat serta menambah pengetahuan anda semua.
Sampai Jumpa Pada artikel selanjutnya,,

======================================BYE==============================

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kerajinan Songkok atau Kopiah Resam khas bangka belitung "

About The Author

Video

About Templatezy

LIKE US ON FACEBOOK