Kumpulan Karya Seni Nusantara

Menyajikan Tata - Cara Pembuatan Karya seni se Indonesia , serta Penjelasan karya - karya seni se Indonesia

Karya seni Kain Cual dan Sourvenir Antik dari Timah dari Bangka Belitung

Kain Cual




Ini salah satu icon bangka belitung yang cukup terkenal adalah kain cual. Seperti halnya batik yang merupakan icon dibeberapa kota pulau jawa. Kain cual berbeda dengan batik, yang memiliki corak tersendiri. Tersedia warna warni corak, ukiran, kualitas kain yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh oleh bangka belitung.

Beberapa motif kain cual kebanyakan bermotif flora dan fauna antara lain ubur ubur, merak, bebek, kembang setangkai, kembang rumping, kembang rukem, kembang setaman, kembang kenanga dan motif gajah mada 2003.
Beberapa motif kain cual kebanyakan bermotif flora dan fauna antara lain ubur ubur, merak, bebek, kembang setangkai, kembang rumping, kembang rukem, kembang setaman, kembang kenanga dan motif gajah mada 2003. Ada 9 motif asli dan sudah resmi di patenkan oleh pemerintah bangka belitung dan meluas ke skala nasional.Susunan motif kain tenun cual dan teknik tenun yang digunakan merupakan perpaduan anda budaya china dan melayu yang masih melekat di hasil karya kain cual tersebut. Sebagai oleh oleh bangka belitung, harga yang di tawarkan dapat mencapai jutaan rupiah tergantung kualitas dan tingkat kesulitan motif.

Sourvenir Antik dari Timah



Anda pernah mengunjungi kota Yogyakarta ? Sebuah karya unik dan ukiran bernilai seni tinggi ditawarkan kedalam bentuk sourvenir yang terbuat dari perak. Berbeda dengan Yogyakarta, Bangka Belitung juga memiliki sourvenir cantik yang terbuat dari olahan biji dan pasir timah selanjutnya dibentuk menjadi product yang memiliki nilai seni yang tinggi oleh tangan tangan profesional.

Sourvenir yang terbuat dari timah ini dapat anda temui dikota kota yang ada di bangka belitung.

Sudah dari zaman dahulu kala, bangka belitung terkenal akan timahnya. Sourvenir yang terbuat dari timah ini dapat anda temui dikota kota yang ada di bangka belitung. Misalnya saja di kota pangkalpinang Jl. Jendral Sudirman dekat Taman Sari Pangkalpinang, ada sebuah toko yang menjajakan sourvenir ini.

Ada yang berbentuk seperti perahu layar, berbentuk cincin, kalung, gelang, dan hiasan lainya dapat dibuat sesuai dengan permintaan anda. Memang kalau soal harga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dalam membuat dan proses pencetakan - penghalusan, dan sebagainya. Semakin sulit biasanya semakin mahal harga yang diberikan.

Itu dia, sudah diuraikan beberapa hasil karya berupa kerajinan tangan bangka belitung yang unik, menarik, dan wajib anda bawa pulang saat mengunjungi pulau bangka.

Semoga artikel ini informatif dan selalu memberikan isi materi yang berkualitas
Sampai Jumpa Pada artikel Selanjutnya..

================================BYE====================================
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Karya seni Kain Cual dan Sourvenir Antik dari Timah dari Bangka Belitung"

About The Author

Video

About Templatezy

LIKE US ON FACEBOOK